Price Earning Ratio Wajib Diketahui Oleh Investor Saham

Share this:

Sejumlah pakar menyatakan bahwa Price Earning Ratio di bawah 10x mengindikasikan bahwa saham tersebut sedang berharga murah. Kendati demikian, rata-rata Price Earning Ratio di suatu sektor saham tidak sama satu dengan yang lain. Nilai Price Earning Ratio ideal mulai dari 20 sampai 25 kali lipat penghasilan. Namun, nilai tersebut harus disesuaikan dengan sektor usaha yang dioperasikan. Price Earning Ratio merupakan salah satu rasio yang lumayan populer di kalangan investor saham. Rasio ini sering dipakai oleh para investor untuk menilai mahal atau murahnya suatu saham. Price Earning Ratio sendiri adalah rasio yang digunakan untuk menilai mahal murahnya saham berdasarkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih. Laba bersih dalam hal ini adalah laba bersih per saham. Price Earning Ratio menjadi satu aspek penting yang perlu diperhatikan, namun bukan satu-satunya aspek yang perlu dilihat dalam mengambil keputusan investasi. Tidak ada pula jaminan Price Earning Ratio suatu saham yang rendah berarti harga sahamnya akan naik di masa depan. Dalam sejumlah kasus, saham dengan Price Earning Ratio tinggi tetap bisa naik harganya karena ditopang berbagai faktor. Tentu saja rasio valuasi seperti Price Earning Ratio bukan satu-satunya aspek yang perlu dicermati oleh investor ketika berinvestasi saham. Ada rasio-rasio valuasi lain yang tidak kalah penting seperti Price Book Value (PBV) dan sebagainya. Di samping itu, ada hal-hal penting lainnya yang juga perlu dicermati, mulai dari prospek perusahaan di masa depan sampai kondisi neraca.

Baca Juga:

Pengertian Price Earning Ratio Saham

Price Earning Ratio yang tinggi mengindikasikan investor mengharapkan pertumbuhan laba bersih yang tinggi dari perusahaan. Price Earning Ratio yang tinggi pada saham dapat diinterpretasikan sebagai saham yang mahal jika pada periode waktu mendatang perusahaan tidak mampu meraih laba bersih yang lebih tinggi. Meski begitu, nilai Price Earning Ratio rendah dapat berubah menjadi tinggi jika perusahaan mengupayakan peningkatan dividen payout rate. Tingginya rendahnya Price Earning Ratio ditentukan dengan membandingkannya dengan Price Earning Ratio saham lain atau Price Earning Sector / pasar yang sesuai untuk dijadikan perbandingan. Perhitungan dividen payout rate diperoleh dari laba setelah pajak yang dibagikan kepada pemegang saham. Namun nilai Price Earning Ratio yang tingginya melebihi standar tergolong berisiko. Pasalnya, saham perusahaan bisa overvalued sehingga menurunkan minat investor untuk berinvestasi. Sebaliknya, nilai Price Earning Ratio rendah (value stocks) tidak selalu menunjukkan peluang baik untuk membeli saham. Justru, anda harus lebih waspada karena Price Earning Ratio rendah bisa menjadi indikasi kinerja perusahaan berkurang. Dalam menghitung nilai Price Earning Ratio, anda harus melibatkan dua komponen, yakni closing price (harga per lembar saham) dan EPS.

Baca Juga:

Teknik investasi Dan Trading

Artikel di atas hanya sedikit pemahaman mengenai Price Earning Ratio pada saham untuk anda pelajari. Sebagai seorang investor, anda pasti selalu berusaha mencari informasi seputar trading untuk meningkatkan peluang keberhasilan anda dalam trading. Kami PT. Pelatihan Profit Internasional hadir untuk membantu memberikan pengetahuan untuk anda dan memberikan praktek pembelajaran kepada peserta melalui Program Private Training Saham di tempat dan waktu yang anda inginkan. Sebuah skill baru bisa anda kuasai dan tingkatkan jika di praktekkan dan diulang-ulang untuk semakin mengasah kemampuan anda. Jadi anda akan kami ajarkan dari tidak bisa sampai bisa trading, serta dapat memilih materi yang ingin dikuasai. Hubungi Trader Support kami bagi anda yang ingin mendaftar pada Program Private Training Saham dari PT. Pelatihan Profit Internasional.

Untuk harga Promo Bulan Ini 2021

$270 untuk 3 kali pertemuan     

$530 untuk 6 kali pertemuan

$840 untuk 12 kali pertemuan

Harga Promo hanya untuk wilayah JaBoDeTaBek

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar edukasi trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex dan Signal Commodity, Signal Saham
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »