Potensi Pola Candle Yang Perlu Anda Ketahui

Share this:

Candle tunggal yang memberikan indikasi penting tentang kondisi pasar yang baik, pola 2-3 candle yang muncul selama terjadinya uptrend dan downtrend sering kali menandakan adanya pembalikan atau perubahan trend. Biasanya pola yang terdiri atas 2 candle diawali dengan candle yang mengarah ke bawah atau ke atas kemudian diikuti oleh candle yang menginformasi pembalikan tersebut. Sedangkan pola yang terdiri atas tiga candle diawali dengan formasi candle dalam konteks trend kemudian diikuti dengan candle yang mengarah ke atas atau ke bawah dan kemunculan candle ketiga akan memastikan indikasi pembalikannya.

Pertama-tama kita akan membahas sebuah pola 2 candle bernama pola Bullish Piercing yang muncul dalam konteks penurunan atau downtrend. Biasanya semakin banyak penjualan besar-besaran saat terjadi penurunan maka semakin signifikan pula indikasinya. Pola bullish piercing terdiri atas candle pertama yang memiliki black body dan terbentuk dalam downtrend serta candle kedua yang mencapai puncaknya dalam bentuk white body yang ditutup dengan rentang black body pertama. Panjang white body ini biasanya lebih dari separuh panjang black body tersebut. White body tersebut menembus downtrend yang sedang terjadi dan bullish mendominasi bearish sehingga aksi harga yang muncul selanjutnya akan mengkonfirmasi pola ini. Mungkin anda mengira bahwa kebalikan dari pola bullish piercing akan disebut sebagai pola bearish piercing. Namun ternyata pola sebaliknya adalah sebuah pola pembalikan puncak trend yang dikenal dengan nama Dark Cloud Cover.

Yang menarik adalah jika anda menunggu momen yang tepat untuk melakukan aksi short, perhatikan ketika ada sekuritas yang mengalami uptrend tajam dengan kata lain sekuritas tersebut mengalami aksi beli besar-besaran dan mencapai zona resisten dan membentuk dark cloud cover. Saat skenario ini terjadi khususnya jika terdapat volume yang besar anda bisa tetap memantau indikator teknis anda yang lain untuk mengetahui apakah anda sudah memiliki momentum shorting yang tepat atau belum. Namun tentu saja harga close diatas harga high pada formasi cloud cover bisa menjadi alasan untuk keluar dari posisi short apapun. Jika anda sedang mempertahankan posisi long sebuah sekuritas yang berada di dalam kondisi uptrend dan anda melihat white body pada candle pertama yang kuat dan menjelang dalam uptrend itu tentu anda akan tetap pada posisi bullish. Pada sesi selanjutnya perdagangan tersebut dibuka pada harga high baru sehingga mengkonfirmasi posisi bullish anda.

Selanjutnya pola 2 candle yang bernama pola bullish engulfing. Sama seperti pola piercing, pola bullish engulfing biasanya muncul pada akhir penurunan atau downtrend. Pasar yang melemah lalu muncul black candle kemudian muncul garis candle yang body-nya melingkupi blackbody di sesi sebelumnya. Karena white body tersebut memiliki harga open dibawah harga close pada black candle sebelumnya dan memiliki harga close diatas harga open-nya maka, maka formasi candle ini menunjukkan bahwa tekanan pembelian telah mengalahkan tekanan penjualan. Jika kondisi pasar dalam keadaan solid maka titik terendah dalam pola bullish engulfing bisa menjadi batas support. Oleh karena itu pelaku pasar yang memiliki posisi long berdasarkan pola ini harus menghentikan posisinya di bawah titik terendah pola ini.

Join sekarang untuk Layanan Signal Commodity dari PT. Pelatihan Profit Internasional. Kami siap membantu anda untuk menghasilkan profit dengan tingkat akurasi hingga 70%. Pastikan anda menjadi member pada Layanan Signal Commodity kami, hanya dengan $59 USD per Bulan.

Dapatkan harga promo hanya :

$19/1 bulan

$30/2 bulan

$50/4 bulan

$80/8 bulan

Free Consultation Request Pair dan Time Frame.

Tunggu apalagi, segera Hubungi Trader Support kami :

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex, Signal Commodity Dan Signal Saham
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »