Pertanyaan Yang Sering Muncul Dari Investor Pemula RUPS Itu Ngapain Saja Dan Bagaimana Alurnya

Share this:

Di bawah ini keterangan surat kepemilikan saham dan berhak mengikuti acara Rapat Umum Pemegang Saham…

Di atas adalah surat kepemilikan saham dan juga bukti pemegang saham untuk mengikuti acara RUPS, saat RUPS SILO saya sebelumnya membeli lumayan sesuai kemampuan saya dan saya melihat jadwal bahwa beberapa  bulan kedepan akan dilaksanakan RUPS, ternyata harga sahamnya naik lalu saya jual saya sisakan 1LOT saja, sekalian ingin membuktikan bisa tidak dengan 1LOT hadir di acara yang besar tersebut, karena lokasi acara tidak jauh dari tempat tinggal saya, apakah saya akan di tolak?  Dan ternyata tidak seperti yang saya fikirkan, di sana saya sama rata dan di layani sama dengan pemilik saham lainnya.

Perusahaan-perusahaan pastinya setiap tahunnya ia akan mengadakan agenda rapat tahunan, dimana biasanya saat rapat jajaran petinggi perusahaan selalu membahas mengenai perencanaan dan revisi langkah perusahaan yang sudah di susun dan sudah di lakukan maupun perencanaan yang akan di gapai di tahun berikutnya, nah sahabat investor pernah kah terfikir apa saya bisa mengikuti rapat dengan jajaran internal perusahaan besar di luaran sana seperti perusahaan Unilever dan sebagainya??

Tahukah kamu bahwa perusahaan yang sudah Tbk dan sahamnya bisa di miliki oleh masyarakat saat mengadakan rapat tahunan  untuk pembahasan kinerja perusahaan masyarakat umum yang bekerja maupun tidak bekerja di perusahaanya, asalkan sahabat investor memiliki kepemilikan sahamnya maka sahabat investor semua mempunyai hak untuk mengikuti rapat bersama jajaran direksi perusahaan tersebut, ada beberapa alasan investor pemula mengapa ingin mengikuti rapat:

  1. Siapa tau kamu ingin mengetahui prospek kinerja perusahaan tersebut yang sudah di lakukan dan yang akan di gapai di tahun yang akan datang supaya kamu tau bagaimana prospek perusahaan yang kamu miliki sahamnya.
  2. Kamu ingin mengetahu bagaimana susunan acara tersebut saat rapat perusahaan. Siapa tau beberapa tahun yang akan datang kamu yang duduk di kursi jajaran jadi kamu tidak bingung saat akan rapat.
  3. Mencari pengalaman
  4. Ada juga yang hanya ingin mendapatkan souvenirs dari berbagai perusahaan Tbk.

KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia akan menerbitkan pemberitahuan RUPS ini jauh-jauh hari sebelumnya. Tanggal berapa kita harus punya sahamnya biar bisa ikutan rups, itu ga harus 1 tahun ko asalkan kamu memiliki sahamnya sampai batas waktu Recording Date atau tanggal pencatatan yang sudah di tentukan yang berhak hadir pemegang saham yang memegang sahamnya pada waktu tersebut.

Undangan untuk RUPS itu disebut Konfirmasi Tertulis Untuk RUPS atau disingkat (KTUR), nah KTUR ini cara dapetinya kita tinggal minta sama Sekuritas atau broker sebelum pelaksanaan RUPS. Selain KTUR yang kita bawa, KTP tentunya menjadi alat validasi paling penting untuk mengecek kebenaran bahwa kita pemegang saham bersangkutan. Dalam beberapa kasus, biasanya kita tetap bisa masuk walaupun ga bawa KTUR. Yang penting KTP tetap harus bawa. Mungkin ini tergantung mba-mba yang di meja registrasi yang jaga ya, hehe

Disana ngapain aja ya? Secara umum penyelenggaraan RUPS ini untuk pengambilan keputusan, bisa dibilang juga pertemuan antara jajaran manajmen dengan pemegang saham. Ada yang bahas laporan keuangan, pembagian dividen, rencana right issue, akusisi atau aksi korporasi lainnya yang membutuhkan keputusan dari investor.  

Bisa dapet apa aja kita? Kalau perusahaannya loyal, selain penyelengaraanya di hotel berbintang, kita bisa dapet souvenir menarik juga. Kadang-kadang malah investor ngincer giniannya, yaampun… Oia kita juga bisa dapet makan gratis, makanya emiten harus menyiapkan dana juga untuk acara RUPS ini

Berikut suasana saat Rapat Umum Pemegang Saham bersama PT Aneka Tambang Tbk  (ANTM).

Cukup sekian artikel tentang Saham dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi staff PT. Pelatihan Profit Internasional kami.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex dan Signal Commodity
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »