Menjadi Value Investor Part 1

Share this:

Kita tahu bahwa harga saham fluktuatif mengalami naik dan turun, Jika nilai wajar saham berbeda dengan harga saham, lantas bagaimana cara mengetahui nilai saham yang sesungguhnya? Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan penilaian harga saham yang disebut juga dengan valuasi saham. Mulai dari yang kompleks seperti konsep time value of money hingga metode sederhana yang dikemukakan oleh Charles S. Mizrahi
Tentu dibutuhkan laporan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan yang bisa kita dapat di web IDX maupun aplikasi yang bertujuan untuk menghitung pada laba per saham (Earning Per Share – EPS).
Valuasi saham penting dilakukan karena bertujuan untuk memberikan gambaran kepada kita bagaimana kondisi manajemen perusahaan berkenaan dengan estimasi nilai sahamnya, Inti dari penilaian atau valuasi saham pada prinsipnya mencakup beberapa hal berikut.
• Menghitung banyaknya uang yang akan mengalir ke kas perusahaan di masa yang akan datang, di mana semakin banyak kas masuk mengindikasikan semakin besar pendapatan yang diperoleh perusahaan. Hal ini tentu akan mempengaruhi prospek perusahaan yang semakin baik di masa mendatang.
• Menghitung nilai aset perusahaan yang dapat dijual, seandainya perusahaan tersebut mengalami penurunan pendapatan dan keuntungan di saat terjadinya pandemic seperti covid-19 yang menggangu sektor ekonomi global dan nasional. bahkan jika berada di ambang kebangkrutan.
• Membandingkan harga saham suatu perusahaan dengan harga saham perusahaan sejenis, lebih mahal atau lebih murah. Perusahaan yang memiliki fundamental bagus dan kuat umumnya nilai atau harga sahamnya tinggi. Di satu sisi, harga saham yang tinggi mencerminkan bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja keuangan yang baik dan prospek bisnis yang baik pula ke depannya. Namun di sisi lain, harga saham yang terlalu tinggi justru memperlambat pergerakan saham itu sendiri, sebagai akibat kurangnya aksi tawar-menawar terhadap saham tersebut di pasar modal. Untuk mengatasi hal ini, perusahaan umumnya melakukan aksi korporasi berupa split stock atau pemecahan jumlah dan harga saham.
Nilai harga wajar saham disebut juga nilai intrinsik, yang mencerminkan nilai saham yang sebenarnya. Investor penting untuk mengetahui nilai wajar saham sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham yang dimilikinya.
Point wajib bagi investor yang perlu di perhatikan mengenai valuasi saham sebagai berikut :
• Apabila nilai pasar dari suatu saham lebih tinggi dari nilai wajarnya, maka harga saham tersebut tergolong mahal (overvalued). Nilai pasar adalah harga yang terbentuk dari adanya transaksi di pasar antara pembeli dan penjual , adanya demand yang tinggi yang terjadi di pasar modal.
• Apabila nilai pasar dari suatu saham lebih rendah dari nilai wajarnya, maka harga saham tersebut tergolong murah (undervalued). Dalam kondisi pasar ini, sebaiknya investor membeli saham tersebut, karena berpeluang untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham di masa mendatang.
• Apabila nilai pasar suatu saham sama dengan nilai wajarnya, maka saham tersebut berada pada titik keseimbangan atau dalam kondisi seimbang. Jika menghadapi situasi pasar modal yang demikian, sebaiknya investor menahan diri untuk tidak melakukan transaksi hingga diketahui adanya gejolak pada harga saham tersebut, lebih mahal atau murah dibandingkan nilai wajarnya.

Kami dari PT. Pelatihan Profit Internaasional memberikan layanan signal saham berupa rekomendasi-rekomendasi premium tentu saja rekomendasi yang kita buat telah melalui analisa secara data untuk mempermudah anda dalam trading maupun memberikan rekomendasi saham dengan mode invest jangka panjang. Rekomendasi kita kan di sesuaikan dengan karakteristik style anda dalam berinvestasi saham di pasar modal. Dan nikmati harga promo layanan signal saham dari kami.

Cukup sekian artikel tentang Saham dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi staff PT. Pelatihan Profit Internasional kami.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex dan Signal Commodity
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »