Mengapa Investor Saham Newbie Suka “Grogi” terhadap Pergerakan Harga Saham?

Share this:

Jika dijabarkan satu per satu, saya kira, ada beberapa alasan, yang membikin seorang investor, khususnya yang baru menjajal investasi saham, jadi mudah grogi terhadap pergerakan harga yang terjadi.

1. Tidak Membaca Laporan Keuangan

Mungkin terdengar gila, tapi nyatanya masih ada begitu banyak investor saham yang malas baca laporan keuangan. Alasannya? Membaca laporan keuangan itu ribet, ruwet, dan pusing.  Mungkin mereka benar, mungkin juga tidak. Namun, yang jelas, laporan keuangan dan dokumen penting lain haruslah menjadi dasar dalam membuat keputusan investasi.  Sebab, di dalam laporan keuangan itulah termuat berbagai macam informasi penting terkait perusahaan, mulai dari asetnya, utangnya, modalnya, labanya, hingga kasnya.

Baca Juga:

Tips Untuk Investor Saham Membaca Peluang

2. Berinvestasi karena Ikut-ikutan Orang Lain

Membeli saham atas rekomendasi orang lain adalah sebab lainnya. Alasannya? Belum tentu orang tersebut kompeten dan jujur. Bisa saja, ia menjual rekomendasi saham untuk meraup keuntungan pribadi. Orang yang seperti itu jelas tidak menghasilkan kekayaan dari investasi saham, tapi dari jualan rekomendasi. Makanya, sejak dulu, saya enggan ikut jadi member komunitas investor yang berbayar atau yang gratis sekali pun. Alasannya sederhana saja. Member yang terdapat di dalamnya sama-sama tidak pernah bisa membaca atau bahkan memprediksi harga pasar. Yang ada justru mereka malah berdebat tentang analisis siapa yang paling benar.

Perdebatan demikian tentu tidak ada gunanya, apalagi kalau ada member yang rajin tebar fear. Member ini memang senang menyampaikan berita buruk yang mungkin terjadi, sehingga investor yang belum berpengalaman jadi terpikir dan dibuat cemas oleh berita tersebut. Jika terus dijejali oleh berita demikian, bagaimana tidak jadi grogi?

3. Ragu terhadap Analisis Sendiri

Bisa saja, investor melakukan analisis secara mandiri. Ia membaca laporan keuangan, mengikuti public expose, dan menyimak berbagai berita dari berbagai sumber yang bisa dipercaya. Namun, karena belum punya jam investasi yang tinggi, maka ia masih mungkin mengalami rasa grogi. 

Perasaan itu bisa muncul jika ia masih ragu atas analisis yang dilakukannya. Jangan-jangan gue salah analisis? Kok harga sahamnya masih di situ-situ saja, padahal menurut analisis gue, harusnya sih sudah to the moon. Untuk kasus seperti ini sebetulnya tidak ada solusi instan yang bisa diambil. Sebab, obat-nya ialah dengan menambah jam investasi. Ini artinya investor mesti lebih banyak belajar dari pengalaman. Ia mesti bertahan selama mungkin di pasar saham, melakukan evaluasi atas keputusan investasi, dan mengambil hikmah atas kesalahan investasi yang diperbuatnya. Alhasil, seiring dengan berjalannya waktu, pengetahuannya bakal bertambah dan rasa grogi bisa teratasi dengan sendirinya. Dalam berinvestasi saham, selain keterampilan mengelola dana, manajemen emosi juga perlu dikuasai. Sebab, percuma memiliki dana yang berlimpah, tapi kalau investor mempunyai manajemen emosi yang buruk, maka dana tersebut akan berkurang karena terlalu sering cutloss. Merasa grogi terhadap pergerakan harga saham adalah sesuatu yang wajar terjadi. Saya kira, hampir semua investor pernah mengalami perasaan tersebut. Perasaan tersebut tersebut sebetulnya tidak jadi masalah, asalkan tidak sampai mempengaruhi keputusan berinvestasi saham.

Yang jadi persoalan adalah kalau investor merasa grogi secara berlebihan, sehinggi perasaan tersebut justru merugikan dirinya sendiri. Untuk itulah, perasaan grogi yang muncul sebaiknya dijinakkan sebaik mungkin, sehingga perjalanan investasi yang dilakukan bisa berlangsung dengan lebih rasional.

Baca Juga:

Apa Itu Gaps Saham?

Cukup sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi Tim Trader Support kami:

Syarat dan ketentuan berlaku.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar edukasi trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex, Signal Commodity dan Signal Saham
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888
  • Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  

https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »