Macam-Macam Indeks Yang Ada Di Bursa Efek Indonesia

Share this:

Indeks sektoral

Melibatkan semua perusahaan tercatat (emiten) pada daftar saham yang termasuk pada masing-masing sektor. Terdapat 10 Sub sektor yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu sub sektor :

  • Pertanian.
  • Pertambangan.
  • Industi Dasar.
  • Aneka Industri.
  • Barang Konsumsi.
  • Properti.
  • Infrastruktur.
  • Keuangan.
  • Perdagangan dan Jasa dan,
  • Manufatur.

LQ 45   

Indeks yang terdapat dari 45 saham (Emiten) Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas yang tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar. Untuk saham LQ45 akan di Review dan penggantian saham pada golongan saham LQ 45 dilakukan setiap 6 bulan per semester.   

JII

Indeks saham JII ini terdiri dari 30 saham yang bergerak di bidang industri sesuai dengan prinsip syariah islam. Saham yang terdaftar pada saham JII adalah saham-saham halal karena sitem operasional emitennya tidak mengandung unsur riba.

MBX

Main Board Indeks (MBX) indeks papan utama ditujukan untuk emiten yang mempunyai ukuran (size) besar dan mempunyai track record yang baik.

DBX

Development Board Index (DBX)/Index Papan Pengembangan adalah indeks yang berisi perusahaan-perusahaan yang belum dapat memenuhi persyaratan pencatatan di papan utama (MBX), termasuk perusahaan yang mempunyai prospektif bagus namun belum mampu menghasilkan keuntungan dan merupakan sarana bagi perusahaan yang sedang dalam proses penyehatan

BISNIS-27

Kerja sama IDX dengan harian bisnis Indonesia meluncurkan indeks harga saham yang diberi nama indeks BISNIS-27. Tentu saja pada indeks ini terdapat 27 perusahaan yang tercatat dan dipilih berdasarkan fundamental, teknikal atau likuiditas transaksi, akuntabilitas dan tata kelola perusahaan.

KOMPAS 100

Indeks yang terdiri 100 emiten saham perusahaan yang tercatat dan dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar, dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Dan emiten ini tentu saja akan di review kinerjanya dan akan mengalami penggantian selama per 6 bulan atau persemester.

PEFINDO25

Kerja sama antara BEI dengan lembaga rating PEFINDO meluncurkan indeks harga saham yang diberi nama Indeks PEFINDO25. Indeks ini terdapat 25 saham perusahaan tercatat yang di pilih dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria sesuai yang ditentukan. Indeks ini diberikan untuk menambahkan informasi bagi pemodal khususnya untuk emiten kecil dan menengah.

SRI-KEHATI

Indeks ini dibentuk atas kerja sama antara BEI dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI). SRI singkatan dari Sustainable Responsible Investment. Indeks ini diharapkan memberi tambahan  informasi kepada investor yang ingin berinvestasi pada emiten-emiten yang memiliki kinerja sangat baik dalam mendorong usaha berkelanjutan serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.

ISSI

ISSI adalah indeks saham yang mencerminkan keseluruhan saham syariah yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia(BEI). ISSI keseluruhan saham syariah tercatat di BEI dan terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES). ISSI direview pada setiap 6 bulan sekali persemester.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat investor dan semoga mendapatkan HADIah di saham berupa Cuan aamiin,,,

Cukup sekian artikel tentang Saham dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi staff PT. Pelatihan Profit Internasional kami.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex dan Signal Commodity
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »