Kesalahan Investor Yang Perlu Anda Hindari

Share this:

Saham  jenis instrument investasi yang high risk dan high return. Skala perbandingan risiko baik untuk kerugian dan keuntungannya tidaklah jauh berbeda RISK and REWARD.  godaan dengan iming-iming keuntungan yang dapat diberikan dalam Trading saham, terkadang membuat orang yang kurang berhati-hati dan akhirnya gagal dalam berinvestasi saham.

Apalagi bila melihat rumput tetangga yang share hasil profit di status dan di grup sangatlah menggangu psikologis apalagi waktu kita melihat ternyata punya kita malah minus. Bagi Anda yang ingin memulai investasi saham, ada baiknya belajar dari kesalahan investor sebelumnya. Berikut ini kesalahan investor saham yang perlu Anda hindari.

1. Fokus pada Satu Saham Saja

Fokus pada satu saham sangatlah berbahaya karena membuat investor saham menjadi tidak rasional dalam menilai sahamnya. Saat seorang investor sudah jatuh cinta kepada sebuah saham, Ia pun cenderung mengabaikan hal buruk tentang saham favoritnya,apalagi saham yang ia beli perusahaan tempat ia bekerja ada loh yang seperti itu hehehe.

Ada -+ 630 EMITEN di saham yang naik dan turun pun banyak. Untuk trading kita bisa melirik saham lain untuk CSM (cinta satu malam) dan esoknya langsung kita lepas. Berbagai cara bisa kita lakukan dan jangan terlalu fokus pada satu saham saja. Masih banyak saham yang menarik dan bagus kinerjanya.

2. Terjebak dengan Saham Murah, Padahal Tidak Potensial

Investor ingin mendapatkan harga murah dan menjual saat harga tinggi. Tidak terkecuali di dunia saham. Sayangnya, banyak investor pemula salah memahami strategi investasi ini dengan mengambil saham dengan harga murah namun sejatinya memang saham tersebut berasal dari perusahaan yang tidak bagus. Cara seperti ini mendorong investor pemula membeli saham dengan harga murah adalah karena keterbatasan modal. Banyak investor pemula membeli banyak saham bernilai kecil dengan harapan dapat untung banyak, padahal aksi investasi seperti ini justru cenderung merugikan. Peluang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan dapat didapatkan apabila Anda membeli sedikit saham unggul ketimbang membeli ribuan saham recehan.

3. Takut Membeli Saham Saat Pasar Turun

Kondisi ekonomi bergerak secara siklus, terkadang di atas dan terkadang di bawah. Saat perekonomian bagus, bursa saham bergairah dan mengangkat harga saham naik (bullish). Investor pun lebih menyukai membeli saham saat pasar bullish. Sebaliknya, saat ekonomi memburuk, bursa saham akan lesu, dan investor akan pesimis. Hal ini pun akan memengaruhi harga saham, sehingga nilainya akan turun (bearish).

Jika kita perhatikan tentu saya peluang besar ada pada saat kita membeli saham saat turun namun perlu hal kita perhatikan momentum yang tepat dimana sebagai acuan titik pantul harga. Bukan berarti harga saham naik tidak berpotensi, ada dua kemungkinan yang terjadi melanjutkan kenaikan atau malah sudah jenuh pembelian itu semua bisa terjadi.

4. Tidak Paham dengan  Fundamental

Fundamental atau laporan keuangan perusahaan seharusnya menjadi analisis mendasar dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah saham. Sayangnya banyak investor lebih suka melihat tren sesaat dalam analisis teknikal. Hasrat ingin menghasilkan profit cepat di pasar modal, membuat investor saham cenderung mengabaikan fundamental perusahaan baik  berupa laba rugi, nilai asset, hutang, pendapatan, kinerja, dll.  Anda dapat membayangkan risiko yang mengancam investor jika sisi fundamental diabaikan.

5. Mudah Putus Asa

Memiliki saham artinya memiliki sebagian kecil persentase dari sebuah bisnis. Investasi saham pun dapat dianalogikan dengan berbisnis. Anda pun harus siap dengan risiko yang ada, yaitu ketidakpastian. Artinya, Anda harus siap bukan hanya ketika mendapat keuntungan, tapi juga siap terhadap risiko kerugiannya. Pengusaha yang sukses pasti pernah mengalami jatuh bangun dalam menjalankan bisnisnya.

Kami dari PT. Pelatihan Profit Internaasional memberikan layanan signal saham berupa rekomendasi-rekomendasi premium tentu saja rekomendasi yang kita buat telah melalui analisa secara data untuk mempermudah anda dalam trading maupun memberikan rekomendasi saham dengan mode invest jangka panjang. Rekomendasi kita kan di sesuaikan dengan karakteristik style anda dalam berinvestasi saham di pasar modal. Dan nikmati harga promo layanan signal saham dari kami.

Cukup sekian artikel tentang Saham dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi staff PT. Pelatihan Profit Internasional kami.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex dan Signal Commodity
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »