Kenali Gap Dan Cari Tahu Cara Mendapatkan Cuan

Share this:

GAP terjadi karena adanya harga yang melompat (GAP) sehingga membuat Jarak harga mengalami kekosongan harga, bukan karena tidak ada BID & OFFER di harga yang terlewati, melainkan adanya Kecemasan pasar dan juga adanya Berita baik mengenai pasar. Biasanya Gap terjadi pada sesi awal trading di pagi hari sering terjadi di saat kita mendapatkan berita positif maupun negative greed VS fear.

Gap yang terjadi pada IHSG

Gap pada harga terjadi saat adanya berita dan ketakutan investor terhadap pandemic COVID-19. Terlihat dari berita COVID-19 masuk ke Indonesia dan terlihat di gambar di bulan MEI terlihat adanya GAP down dan melanjutkan pelemahan tersebut yang mengartikan adanya kecemasan pasar dan investor antara supply dan demand dimarket (buyer vs seller).

Saat buyer jauh lebih tinggi dari seller di opening market, maka yang terjadi adalah GAP UP dari harga penutupan di hari sebelumnya. Sebaliknya saat seller lebih agresif (panic sell) dibandingkan buyer, harga akan GAP DOWN.

Biasanya hal ini terjadi saat ada isu atau informasi negatif atau positif yang mempengaruhi ekspektasi investor terhadap perusahaan

Dalam teknik Supply & Demand (S&D), menentukan area gap yang valid sangat menentukan tingkat keberhasilan trading Anda tentunya banyak cara yang harus kita perhatikan untuk mengetahuinya.

Jika Anda dapat menentukan Gap dengan tepat, maka Gap bisa menjadi teknik yang sangat powerful dalam menciptakan cuan Anda.

Novice Gap dan Pro Gap

Gap pada harga merupakan representasi greed VS fear yang berlebihan pada harga suatu saham yang jika Anda memahaminya dengan benar, ini akan bisa menjadi teknik trading yang sangat powerful.

GAP ini terkadang menjadi acuan atau target area harga akan menyentuh dan menutupi area harga GAP tersebut, contoh :

  1. GAP DOWN terjadi adanya penurunan dan kecemasan yang terjadi di pasar, kecemasan mengenai market itu sendiri dan juga mengenai market global, ekonomi, dan politik sehingga investor menarik dananya saat jam opening sehingga terjadinya panic selling. Saat pola sudah sideways dan pembalikan arah maka area gap tersebut menjadi area resistance dan harga akan menutup area gap tersebut.
  2. GAP UP terjadinya penguatan harga yang terjadi sehingga ada loncatan harga ke atas. Gap up ini terjadi adanya berita baik mengenai market, emiten, politik, ekonomi dan market secara global. Saat melanjutkan kenaikan pola akan sideways dan area gap yang terjadi akan menjadi area support kuat dimana harga tersebut akan berpotensi menutup area gap tersebut

Namun dalam S&D hanya ada 2 gap yang dikenal: Pro Gap & Novice Gap

Novice Gap & Pro Gap

Novice Gap: Merupakan gap yang terjadi pada harga yang searah dengan pergerakan harga sebelumnya.

Pada chart PGAS diatas, gap down (warna merah) terjadi saat harga saham ini sedang dalam kondisi tren bearish. Dan ini merupakan Novice Gap, kita akan acuhkan gap yang seperti ini.

Pro Gap: Merupakan gap yang terjadi berkebalikan dengan arah harga sebelumnya

Pro gap yang terjadi pada saham PGAS diatas adalah saat tren PGAS sedang bearish dan dalam satu waktu terjadi gap up. Kita akan gunakan gap ini sebagai acuan trading kita.

Entry Poin: Kita akan masuk saham yang memiliki pro gap hanya saat harga kembali mengisi ruang kosong pro gap tersebut.

Semua orang sudah tahu dengan jelas bahwa setiap investasi pasti akan mengalami untung dan rugi. Keputusan untuk memilih alat investasi sepenuhnya milik Anda. Yang terpenting, Anda harus memiliki tujuan sebelum memulai investasi. Dengan demikian, Anda dapat memutuskan jenis investasi apa yang akan Anda pilih. Selama Anda bertahan dan terus belajar, Anda pasti akan mendapat untung besar.

Cukup sekian artikel tentang Saham dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi staff PT. Pelatihan Profit Internasional kami.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex dan Signal Commodity
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »