Kenali Arti Dari Pergerakan Candle

Share this:

Kita tahu pergerakan harga saham itu fluktuatif bisa mengalami penguatan harga (naik) bisa juga mengalami pelemahan harga (turun). Apa jadinya bila setiap transaksi pergerakan harga sama tidak ada historis pergerakan harga seperti harga pembukaan market, kemana harga tersebut bergerak hingga adanya selisih harga dari harga pembukaan bisa naik/turun, dimana harga tersebut pernah menyentuh harga tertinggi dan terendah, dan di mana harga tersebut di tutup transaksinya.

Apa jadinya bila kita hanya mendapatkan informasi beruma harga seperti:

            Harga Pembukaan       : RP 500

            Harga Tertinggi          : Rp 550

            Harga Terendah          : Rp 480

            Harga Penutupan        : Rp 515

Saat kita mendapatkan informasi tersebut kita harus menghafal terlebih dahulu harga tersebut untuk bisa membayangkan kemana harga tersebut bergerak. Apalagi saat kita membaca historis di hari sebelumnya dalam kurun waktu panjang sebelimnya.  Tentu informasi ini sangatlah tidak mendukung kita secara cepat dan pasti sulit melihat pergerakan harga secara historis transaksinya. Dan bayangkan bila tidak adanya candle bagaimana kita bisa mengetahui pergerakan harga saham dalam trend nya ataukah naik/turun kita sulit melihat secara sekilas bila kita mendapatkan informasi seperti contoh di atas.

Dari latar belakang tersebut di bentuklah pergerakan harga yang terjadi tersebut dengan candle yang di temukan oleh pengusaha beras di jepang yaitu Munehisa Homma saat dia membuat historis pergerakan harga beras untuk kedepannya. Baik sahabat investor kita akan bahas mengenai hal ini.

Seperti pada gambar di atas saya akan menjelaskan satu persatu :

Bullish Candle

Bullish candle menggambarkan harga di tutup mengalami penguatan (kenaikan harga)

Bearish candle

Bearish candle menggambarkan harga di tutup mengalami pelemahan (penurunan harga)

Long lower shadow

Long lower shadow menggambarkan harga ditutup mengalami penguatan. Akan tetapi saat terjadinya transaksi harga sempat mengalami pelemahan  harga dari pembukaan dikarenakan adanya aksi penjualan tanpa ada yang menahan harga bisa dilihat adanya lower shadow di candle tersebut, namun para pelaku pasar modal mereka melihat ini adalah peluang  dari trend pergerak harga, sehingga di lawan kembali harga tersebut sehingga naik dan melewati harga pembukaan dan ditutup di atas harga pembukaan.

Long upper  shadow

Long upper shadow menggambarkan harga di tutup mengalami penguatan. Akan tetapi saat terjadinya transaksi harga menyentuh harga tertingginya di karenakan para prilaku pasar sedang ramai. Namun di saat harga mengalami penguatan maka ada sebagian orang yang mengamankan profit dengan menjual sahamnya secara ramai demand and supply tidak seimbang sehingga harga turun namun harga tersebut berhasil ditutup di atas harga pembukaan, dari pergerakan harga tersebut terjadilah upper shadow.

Hammer

Hammer menggambarkan harga di tutup mengalami penguatan. Bentuk candle ini sama seperti namanya seperti Palu. Pergerakan harga ini yang terjadi karena pesimisnya prilaku pasar saat terjadinya jenuh beli dalam beberapa hari kebelakang. Sehingga harga mengalami pelemahan bisa dilihat adanya lower shadow. Namun para pelaku pasar ternyata masih tertarik dengan harga yang terkoreksi tersebut dan melihat dari trend yang ada sehingga demand yang banyak harga di dorong naik sampai di tutup di harga tertingginya. Dan dari pergerakan tersebut ada pelaku pasar yang berani membeli di harga atas dan menjaganya dengan beramai-ramai.

Shooting Star

Shooting star menggambarkan harga ditutup mengalami pelemahan. Bentuk candle ini seperti hammer namun bila kita lihat ini terbalik saat mengalami pelemahan harga. Bisa kita liat bahwa harga sedang ramai permintaan beli dan harga naik namun di karenakan jenuh jual waktunya Take profit antara demand dan supply lebih banyak supply sehingga harga mengalami pelemahan sampai pada harga terendahnya saat penutupan perdagangan. Dan terlihat adanya upper shadow pada gambar tersebut.

Cukup sekian artikel tentang Saham dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi staff PT. Pelatihan Profit Internasional kami.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex dan Signal Commodity
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »