10 Analisa Fundamental Saham Untuk Investasi Untung Buat Pemula (Part 5)

Share this:

9. Sabar ! Beri Kesempatan Management Bekerja

Saya percaya bahwa jika kita sudah memilih perusahaan yang solid dengan bisnis yang prospektif dan kinerja keuangan yang terbukti bagus dari tahun ke tahun, maka saatnya kita rileks dan membiarkan manajemen bekerja untuk mendeliver results.

Bagaimanapun, layaknya setiap bisnis, sebagai pemegang saham menyerahkan operasional perusahaan kepada professional, management direksi, untuk menahkodai jalannya perusahaan dan memberikan hasil yang terbaik.

Tugas kita sebagai pemegang saham, menunggu hasil kinerja Direksi, yang nanti akan tercermin pada laporan keuangan dan kinerja secara kuartalan dan tahunan.

Saran saya, cek kinerja lewat laporan keuangan secara kuartalan. Tidak perlu melihat perkembangan harga saham setiap hari.

10. Siapkan Mental (Kunci Segalanya !)

Dari pengalaman, teknis analisa fundamental saham bukan sesuatu yang terlalu sulit untuk dipelajari. Ada banyak buku, forum diskusi dan bahan di internet untuk mendalami soal ini.

Yang paling sulit adalah mental untuk menerapkan analisa fundamental tersebut dalam hiruk pikuk gejolak pasar.

Maksudnya ?

Warren Buffet pernah bilang, “Be Fearful When Others Are Greedy and Greedy When Others Are Fearful”, sementara Lo Khong Hong (LKH) dalam nada yang hampir sama, bilang “Invest in bad times. Sell in good times, and you will get rich”.

Artinya, Anda dituntut untuk berani beli saham saat pasar sedang turun, sedang anjlok, harga – harga saham hancur lebur. Kenapa ? Karena pada saat itulah harga saham sedang murah – murahnya, saham sedang ‘salah harga’, yang memberikan kesempatan untuk bisa melakukan ‘buy low, sell high’.

Persoalannya, berani tidak, beli saham di saat pasar sedang hancur.

Pengalaman saya, teorinya gampang, tetapi eksekusinya jauh dari mudah.

Saat pasar lagi turun, semua orang bicara soal jual saham, berita di media tone-nya negatif semua. Masak Anda mau beli saham saat semua orang berlomba – lomba untuk jual.

Untuk bisa melakukannya, melawan arus, seperti yang disarankan Warren Buffet dan LKH, Anda harus punya keyakinan yang kuat terhadap saham tersebut, didukung oleh riset dan pengamatan yang cermat, yang memunculkan keyakinan atas kekuatan bisnis serta manajemen perusahaan meskipun harga saham sedang hancur remuk.

Kesimpulan

Analisis fundamental adalah salah satu cara untuk untung dalam investasi saham. Fundamental menggunakan kinerja emiten dan analisa laporan keuangan untuk menentukan harga acuan yang pantas terhadap suatu saham.

Secara teknis, analisis fundamental bukan pekerjaan yang sulit – sulit amat. Ada banyak tools analisa fundamental di internet, tersedia gratis maupun berbayar, yang bisa membantu Anda mengambil keputusan jual beli saham.

Yang paling sulit adalah mempersiapkan mental untuk mengambil keputusan menggunakan hasil analisa fundamental tersebut.

Selamat Mencoba !

Cukup sekian artikel tentang Saham dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi staff PT. Pelatihan Profit Internasional kami.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex,Signal Commodity Dan Signal Saham
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »