10 Analisa Fundamental Saham Untuk Investasi Untung Buat Pemula (Part 4)

Share this:

7. Stock Screener

Apakah ada cara cepat untuk melakukan analisis fundamental saham ?

Bayangkan di IDX terdapat kurang lebih 600 saham, jika masing – masing Anda analisis fundamental nya, mau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk selesai. Disamping itu, karena jumlah saham yang dianalisis banyak, Anda tidak bisa melakukan analisis fundamental secara mendalam, sementara kedalaman itu penting dalam hal ini.

Untung ada yang namanya Stock Screener, yaitu tool yang disediakan broker saham untuk Anda menseleksi saham berdasarkan kriteria yang Anda tentukan sendiri.

Ada banyak kriteria yang tersedia yang bisa Anda pilih untuk menseleksi saham. Anda bisa memilih mulai dari market cap, dividen, kinerja keuangan dan bahkan analisa teknikal.

Description: Kriteria Stock Screener

Kriteria Stock Screener

Berikut ini adalah contoh kriteria yang Anda bisa pilih sendiri untuk membuat stock screener. Ada banyak sekali pilihan kriteria yang Anda bisa gunakan.

Description: Kriteria Stock Screener Pilihan

Kriteria Stock Screener Pilihan

Disamping memilih kriteria sendiri, Anda bisa pula menggunakan kriteria yang sudah dikenal sebelumnya dan dianjurkan oleh para ahli saham di dunia.

Cakep, kan !

Untuk first cut, saya biasanya menggunakan stock screener berdasarkan kriteria tertentu untuk sampai pada jumlah saham tertentu, yang dari situ baru saya analisis fundamental satu persatu secara perlahan dan mendalam.

Karena jumlah saham yang harus dianalisis tidak banyak, saya punya keleluasaan untuk melakukan kajian secara dalam dan luas.

8. Long-Term, Stupid !

Tidak mungkin Anda melakukan analisis fundamental, namun berharap profit, cuan, dari fluktuasi harga harian alias day-trading.

Analisis fundamental ditujukan untuk menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Kenapa ?

Karena dalam analisis fundamental, fokus adalah bisnis dan kinerja keuangan perusahaan, yang diyakini akan mempengaruhi harga saham.

Jika kinerja perusahaan bagus dan sehat, maka dengan sendirinya harga saham akan merefleksikan kondisi perusahaan yang bagus. Begitu pula sebaliknya.

Nah, bisnis itu bicara jangka panjang. Bukan mingguan, apalagi harian.

Dalam jangka pendek, harga saham sangat bisa bergerak fluktuatif, jauh dari nilai fundamentalnya.

Namun dalam jangka panjang harga saham merefleksikan kinerja dan bisnis perusahaan.

Pengalaman saya, punya perspektif jangka panjang adalah PR yang paling sulit. Kecenderungan kita, karena saking antusiasnya, selalu ingin melihat pergerakan harga setiap hari.

Melihat harga setiap hari secara psikologis mempengaruhi untuk melakukan jual dan beli saham dalam jangka pendek, apalagi saat harga saham mengalami fluktuasi.

Apa kuncinya bisa bermain saham dalam jangka-panjang ?

Uang yang Anda investasikan di saham adalah uang ‘dingin’ yang tidak Anda butuhkan paling tidak dalam 5 tahun ke depan. Dengan uang ‘dingin’ tersebut, Anda tidak buru – buru harus menjual saat pasar sedang turun.

Ketika memutuskan mengalokasikan dana investasi di saham, Anda sebaiknya mempertimbangkan dengan cermat apakah itu uang yang memang ingin dan bisa dinvestasikan dalam jangka panjang.

Perspektif jangka panjang sangat krusial dalam analisis fundamental.

Cukup sekian artikel tentang Saham dari kami, semoga bermanfaat. Apabila teman – teman masih bingung dan ingin bertanya, jangan ragu untuk hubungi staff PT. Pelatihan Profit Internasional kami.

Jika anda menyukai informasi dari artikel ini dan mau tahu informasi seputar saham trading lainnya? Kami siap  memberikan edukasi yang sangat informatif. Mau tahu caranya ?

Temukan kami di Channel Sosial Media lainnya

link :

  1. Website : www.PelatihanProfitInternasional.com
  2. Telegram : https://t.me/NewsUpdatePPI
  3. Instagram : @PelatihanProfitInternasional  
  4. Facebook : PT. Pelatihan Profit Internasional
  5. Youtube : Pelatihan Profit Internasional

Dapatkan informasi seputar edukasi trading gratis lainnya dengan cara klik link di atas.

  • Untuk konsultasi online gratis
  • Untuk berlangganan Signal Forex,Signal Commodity Dan Signal Saham
  • Registrasi dan jadwal edukasi rutin
  • Whatsapp 0817-7234-5888
  • Hunting 021-5964-5999/021-5964-5888

Jika anda tetap mau menerima update dari kami mengenai promosi, jadwal edukasi dan berita penting lain, klik linkTelegram ini  
https://t.me/NewsUpdatePPI Disini kami memberikan INFORMASI SEPUTAR TRADING LENGKAP GRATIS SETIAP HARI LHO!!

Share this:

Tinggalkan Balasan

Translate »